Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Repository Ubuntu 20.04 LTS Kambing UI

Repository adalah lokasi penyimpanan pada sistem Anda, untuk mengambil dan menginstal dan pembaruan aplikasi pada OS. Disetiap repository memiliki kumpulan perangkat lunak yang di-host ke server dan dimaksudkan untuk digunakan menginstall dan memperbarui paket perangkat lunak Sistem Operasi Linux. Saat menjalankan perintah "sudo apt update" atau "sudo apt-get update" pada terminal, Linux langsung akan menjalankan pembaruan paket dari sejumlah repositoy. 

Pada kesempatan ini saya akan membagikan repository yang cukup cepat untuk digunakan di Linux anda, server ini milik Kambing UI yang cukup terkenal juga. Karna sudah kita ketahui bahwa jaringan internet di indonesia tidak semua wilayah cepat, maka diperlukan repository yang memiliki server yang cepat. Terutama server lokal, sudah dicoba repository kambing Ui lebih cepat dalam melakukan upgrade / update paket Linux, khususnya distro Ubuntu 20.04.

Repository Ubuntu 20.04 Lokal (Kambing UI):

Repository Ubuntu 20.04 LTS Kambing Ui

Dibawah ini adalah repository Lokal Kambing Ui untuk Ubuntu 20.04, cara mengubahnya jalankan perintah "nano /etc/apt/sources.list" di Terminal, lalu hapus semua txt repository default yang ada lalu ganti dengan repository dibawah ini. Untuk menyimpannya tekan Ctrl + O lalu Enter, dan tekan Ctrl + X, terakhir tinggal jalankan perintah update "apt-get update". Berikut ini repo kambing ui:

  • deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ focal main restricted universe multiverse
  • deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ focal-updates main restricted universe multiverse
  • deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ focal-security main restricted universe multiverse
  • deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ focal-backports main restricted universe multiverse
  • deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ focal-proposed main restricted universe multiver

Itulah sedikit informasi dari Set Komputer tentang Repository dari kambing ui, setiap repository berbeda-beda untuk digunakan di versi Ubuntu lain. Jadi jika anda menggunakan versi selain 20.04 anda harus mencari repository sesuai dengan versi Ubuntu Linux yang anda gunakan.